Jumat, 02 Juli 2010

ERD (Entity Relationship Diagram)

Semesta data di dunia nyata ditansformasikan ke dalam sebuah

diagram dengan memanfaatkan perangkat konseptual disebut dengan

ERD (Entity Relationship Diagram).

Simbol / Notasi E-R Diagram :

Entity (Entitas)

Merupakan individu yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari

sesuatu yang lainnya (individu : manusia, tempat, obyek, kejadian, konsep).

Biasanya berhub. Dg baris dlm sebuah tabel).

Entity Sets (Himpunan Entitas) :

Sekelompok entitas yang sejenis dan berada dalam lingkup yang sama

Contoh :

Himpunan Entitas : Pelanggan

Entitas : Budiman, Suherman dll

Himpunan Entitas : Mobil

Entitas : Mobil Suzuki, Mobil Honda dll

Himpunan Entitas : Mahasiswa

Entitas : Ali, Budi, Iman dll


Atribut (attribute / Properties)

Merupakan karakteristik dari sebuah entitas (biasanya berhubungan

dengan field dalam sebuah tabel). Penentuan atribut bagi suatu entitas

didasarkan pada relevansinya terhadap entitas tersebut.

Atribut Kunci / Identifikasi :

Merupakan atribut pengidentifikasi entitas yang paling unik untuk

semua entitas dalam himpunan entitas

Contoh : Atribut NIM pada Himp. Entitas mahasiswa

Atribut Deskriptif :

Merupakan atribut lain selain atribut kunci yang befungsi sebagai

penjelasan terhadap entitas dalam himpunan entitas

Contoh : Atribut nama, alamat, tgl_lahir pada Himp. Entitas MHS

Atribut Sederhana (Simple Attribute) :

atribut atomik yg tidak dapat di pilah lagi

Atribut Komposit (Composite Attribute) :

atribut atomik yg tidak dapat di pilah lagi

Contoh :

Atribut nama : atribut sederhana (nilai sudah paling kecil / atomik)

Atribut alamat : atribut komposit, karena masih dapat dipilah-pilah

lagi menjadi atribut : jalan, kota dan kode_pos

Atribut bernilai banyak (multivalued attribute) :

Merupakan atribut yang dapat bernilai lebih dari 1 nilai yang sejenis

Atribut bernilai tunggal (Single-valued attribute) :

Merupakan atribut yang hanya mempunyai satu nilai

NIM, Nama dan Alamat :atribut bernilai tunggal
Hobi : atribut bernilai banyak


Atribut Turunan (Derived attribute) :

Merupakan atribut yang nilainya diperoleh dari pengolahan atau diturunkan

dari atribut / tabel lain

Angkatan, IPK : Atribut turunan


Atribut harus bernilai (Mandatory Attribute) :

Merupakan atribut-atribut yang harus diisikan nilainya

Atribut tidak harus bernilai (Non Mandatory Attribute / Null) :

Merupakan atribut-atribut yang nilainya boleh dikosongi

Relasi (Relationship) :

Digunakan untuk menunjukan hubungan antar entitas

Himpunan Relasi (Relationship Sets) :

Merupakan kumpulan semua relasi diantara entitas

Contoh:

Dari tabel-tabel diatas, dapat dilihat bahwa terdapat hubungan / relasi

antara himp entitas mahasiswa dengan mata kuliah.

--> Andi mempelajari mata kuliah Internet I

--> Rudi mempelajari mata kuliah Internet I dan Network I

Sehingga apabila dimodelkan dengan E-R Diagram :


Jenis-Jenis Key

Key adalah satu atau gabungan dr beberapa atribut yg dpt membedakan semua baris data (row) dlm tabel secara unik.

Artinya : jika suatu atribut dijadikan key maka tdk boleh ada 2 atau lebih baris data dengan nilai yg sama untuk atribut tersebut.

Sebuah key membantu mendefenisikan relasi entitas.

Harus unik dan tidak boleh kosong


Super Key

Satu atau lebih atribut (kumpulan atribut) yg dpt membedakan setiap baris data dlm sebuah tabel secara unik.

Satu atau lebih atribut (kumpulan atribut) secara unik mengenali setiap entitas dalam sebuah tabel.

Contoh : tabel Mahasiswa = {nim, nama_mhs, alamat_mhs, tgl_lahir}

- (nim, nama_mhs, alamat_mhs, tgl_lahir)

- (nim, nama_mhs, alamat_mhs)

- (nim, nama_mhs)

- (nama_mhs) : jika bisa menjamin tdk ada nilai yg sama

- (nim)


Candidat Key

Kumpulan atribut minimal yg dpt membedakan setiap baris data dlm sebuah tabel secara unik.

Tdk boleh berisi atribut / kumpulan atribut yg telah menjadi super-key yg lain.

Sebuah candidate-key pasti super-key, tapi blm tentu sebaliknya.

Contoh : tabel Mahasiswa = {nim, nama_mhs, alamat_mhs, tgl_lahir}

- (nim)

- (nama_mhs) : jika bisa menjamin tdk ada nilai yg sama

- Pd sebuah tabel dimungkinkan ada lebih dr 1 candidate-key jika ya, maka dpt dijadikan sebagai primary key.


Primary Key

Dasar pemilihan primary key dari candidate-key :

  1. Key tersebut lebih sering dijadikan sebagai acuan.
  2. Key tersebut lebih ringkas.
  3. Jaminan keunikan key tersebut lebih baik.

Merupakan candidate-key yg terpilih utk mengenali secara unik seluruh nilai atribut pada sebuah baris. Tidak boleh kosong.

Contoh : tabel Mahasiswa = {nim, nama_mhs, alamat_mhs, tgl_lahir}

- (nim)


Secondary Key

Sebuah atribut / kombinasi atribut secara paksa digunakan untuk tujuan pengambilan data.

Foregn Key

Sebuah atribut / kombinasi atribut dalam sebuah tabel dimana nilainya cocok dengan primary-key pada tabel lainnya.

Contoh :

- tabel Mahasiswa = {nim, nama_mhs, alamat_mhs, tgl_lahir, kode_dosen}

- tabel Dosen = {kode_dosen, nama_dosen, alamat_dosen, tgl_lahir}

Keterangan :

Tabel Mahasiswa :

- Primary-key : nim

- Foreign-key : kode_dosen

Tabel Dosen :

- Primary-key : kode_dosen

- Foreign-key : tidak ada

Subnetting

Para administrator jaringan sangat perlu memahami Subneting dalam implementasi jaringan. Subneting digunakan untuk melakukan penghematan range IP. Selain itu Subnating juga digunakan untuk keamanan jaringan komputer karena membatasi jumlah penggunaan IP address yang dapat digunakan pada komputer atau host.
Mengapa subneting perlu digunakan untuk melakukan penghematan IP dan kemanan jaringan? Karena range sebuah jaringan, sebagai contoh kelas C (ingat tutorial pertama) memiliki range atau jumlah host sebanyak 254 dalam satu jaringan. Hal ini sangat tidak efisien jika digunakan untuk jaringan kecil yang membutuhkan jumlah komputer yang lebih sedikit. Maka digunakan subneting untuk memperkecil jumlah jaringan yang digunkaan untuk menghemat IP juga. Jika sudah meggunakan Subnating maka sudah keluar dari class full dan kemudian disebut dengan class less.
Sebagai contoh :

1. 192.168.1.2 /26
- Untuk mencari subnetmask :
Perhatikan /26 ini disebut dengan network previk, artinya binary 1 pada total 32 bit jumlahnya 26 dan binary 0 berjumlah 6.
Binary 11111111 11111111 11111111 11000000
Desimal 255 255 255 192
Jadi subnetmask-nya adalah : 255.255.255.192

- Untuk mencari jumlah host :
Perhitungan untuk mencari jumlah host adalah dengan menggunakan rumus :
Sh = 2n-2
Keterangan rumus
Sh = Jumlah host dalam satu jaringan
n = Jumlah binary 0 pada netmask
-2 = Dikurang 2 karena ada dua IP yang tidak boleh digunakan untuk host karena digunakan untuk IP Broadcast dan IP Network.
Diketahui : n = 6 (sesuai dengan contoh di atas)
Sh = 2n-2
= 26-2
= 64-2
= 62
Jadi jumlah host untuk 192.168.1.2 /26 adalah 62 host
- Berikut IP yang digunakan :
Jaringan 1 :
192.168.1.0 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Network)
192.168.1.1 sampai dengan 192.168.1.62 (digunakan sebagai range IP host)
192.168.1.63 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Broadcast)
Jaringan 2 :
192.168.1.64 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Network)
192.168.1.65 sampai dengan 192.168.1.126 (digunakan sebagai range IP host)
192.168.1.127 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Broadcast)
Dan seterusnya….

2. 202.10.10.3 /30
- Untuk mencari subnetmask :
/30 jika disusun dalam binary :
Binary 11111111 11111111 11111111 11111100
Desimal 255 255 255 252
Jadi subnetmask-nya adalah : 255.255.255.252
- Untuk mencari jumlah host :
Diketahui : n = 2 (sesuai dengan contoh nomor 2)
Sh = 2n-2
= 22-2
= 4 – 2
= 2
Jadi jumlah host untuk 202.10.10.3 /30 adalah 2 host.
- Berikut IP yang digunakan :
Jaringan 1 :
202.10.10.0 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Network)
202.10.10.1 sampai dengan 202.10.10.2 (digunakan sebagai range IP host)
202.10.10.3 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Broadcast)
Jaringan 2 :
202.10.10.4 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Network)
202.10.10.5 sampai dengan 202.10.10.6 (digunakan sebagai range IP host)
202.10.10.7 (tidak boleh digunakan karena sebagai IP Broadcast)
Dan seterusnya….

Dari kedua contoh di atas sebenarnya berasal dari kelas C, namun kemudian di subneting. Di kelas C terdapat 254 host, sedangkan setelah dilakuakan subneting maka jumlah host bisa diperkecil, dengan network previk /26 jumlah host menjadi 62 host sedangkan dengan network previk /30 jumlah host menjadi 2 host saja. Anda dapat melakukan subnating sesuai dengan jumlah komputer atau jumlah host yang anda butuhkan.
Semoga berguna

Sistem Basis Data

Sistem adalah sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satuan fungsi/tugas tertentu) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses / pekerjaan tertentu. Basis adalah markas / tempat berkumpul / tempat bersarang / gudang. Data adalah Representasi dari fakta dunia yang mewakili suatu obyek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

Tujuan Sistem Basis Data
1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
Yakni agar pengguna basis data bisa:
-Menyimpan data
-Melakukan perubahan/manipulasi terhadap data
-Menampilkan kembali data dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara biasa (baik manual ataupun elektronis).

2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)
Dengan basis data kita mampu melakukan penekanan jumlah redundansi (pengulangan) data, baik dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi antara kelompok data yang saling berhubungan.

3. Keakuratan (Accuracy)
Agar data sesuai dengan aturan dan batasan tertentu dengan cara memanfaatkan pengkodean atau pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan aturan/batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data dsb.

4. Ketersediaan (Availability)
Agar data bisa diakses oleh setiap pengguna yang membutuhkan, dengan penerapan teknologi jaringan serta melakukan pemindahan/penghapusan data yang sudah tidak digunakan / kadaluwarsa untuk menghemat ruang penyimpanan.

5. Kelengkapan (Completeness)
Agar data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu, dengan melakukan penambahan baris-baris data ataupun melakukan perubahan struktur pada basis data; yakni dengan menambahkan field pada tabel atau menambah tabel baru.

6. Keamanan (Security)
Agar data yang bersifat rahasia atau proses yang vital tidak jatuh ke orang / pengguna yang tidak berhak, yakni dengan penggunaan account (username dan password) serta menerapkan pembedaan hak akses setiap pengguna terhadap data yang bisa dibaca atau proses yang bisa dilakukan.

7. Kebersamaan (Sharability)
Agar data yang dikelola oleh sistem mendukung lingkungan multiuser (banyak pemakai), dengan menjaga / menghindari munculnya problem baru seperti inkonsistensi data (karena terjadi perubahan data yang dilakukan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan) atau kondisi deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling menunggu untuk menggunakan data).

Topologi Jaringan

Untuk mendevelop Local Area Network (LAN) dibutuhkan suatu perencanaan atau bisa kita kenal sebagai topology. Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
Topologi ini mengacu dan mengadaptasi kepada keadaan jaringan yang ada di-lapangan (memungkinkan atau tidaknya digunakan salah satu topologi). Tapi keseluruhan grand design jaringan (pemilihan alat-alat, aksesoris, aktif / pasif device) dan kebijakan / policy yang akan diaplikasikan setelah selesainya suatu project, akan berdasarkan dari pemilihan bentukan Topologi Jaringan ini.


Macam-macam topologi :

Topologi BUS

Keuntungan :
- Hemat kabel
- Layout kabel sederhana
- Mudah dikembangkan
Kerugian :
- Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
- Kepadatan lalu lintas
- Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh

Topologi TokenRING
Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.

Keuntungan :
- Hemat Kabel
Kerugian :
- Peka kesalahan
- Pengembangan jaringan lebih kaku

Topologi STAR
Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Keuntungan :
• Paling fleksibel
• Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
• Kontrol terpusat
• Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
• Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian
• Boros kabel
• Perlu penanganan khusus
• Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

Klasifikasi Software

Software (perangkat lunak) adalah program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terbagi atas 4 yaitu:
1.Sistem Operasi adalah fasilitator antara software dan hardware yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Contohnya: DOS, Unix, Windows, dll.

2.Utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan /kelemahan dari sistem operasi dalam meningkatkan kinerja software dan hardware. Contohnya :Partisi magic, Norton Utility, Antivirus.

3.Aplikasi merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu atau program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Contohnya : Ms-Word, Ms-Excel, SPSS, Multisim workbench, Photoshop, Coreldraw, dll.

4.Bahasa Pemograman merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu system operasi, aplikasi, dll.

Bahasa pemograman ini biasa dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:
1.Low Level Language, bahasa pemograman generasi pertama, bahasa pemograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunkan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanya pembuatnya saja.

2.Midle Level language, merupakan bahasa pemograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE)dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, FoerTran (Formula Translator)

3.High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dll.

Central Processing Unit

Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya. CPU tersusun atas beberapa komponen
Yaitu :
1. Arithmetic and Logical Unit (ALU)
2. Control Unit (CU)
3. Registers
4. CPU Interconnections


Arithmetic and Logical Unit (ALU)
1. Bertugas membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer.
2. ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang diberikan kepadanya.
3. ALU terdiri dari dua bagian , yaitu :unit aritmethmetika dan unit logika boolean, yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas sendiri.

Control Unit
1. Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi opersinya.
2. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dan memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

Registers
1. Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
2. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

CPU Interconnetion
Sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus-bus eksternal

CPU
1. Komponen internal CPU yaitu ALU, unit kontroldan register-register.
2. Komponen eksternal CPU sistem yaitu sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran
Struktur detail internal CPU
Fungsi CPU
1. Menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
2. Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu: operasi pelaksanaan instruksi (execute)

Kamis, 01 Juli 2010

Penggolongan Komputer

Beberapa tahun lalu, penggolongan komputer dilakukan atas dasar besarnya RAM yang ada tiap komputer. Waktu, komputer yang memiliki memori atau RAM lebih dari 1 MB disebut Komputer Mini. Penggolongan seperti ini sekarang sudah tidak tepat lagi, karena saku pun sekarang sudah banyak yang memiliki RAM lebih dari 1MB. (1MB=1,024KB).
Penggolongan jenis-jenis komputer yang lebih tepat adalah berdasarkan jenis yang lebih tepat adalah berdasarkan prosesssor yang ada pada computer, karena kemampuan kerja komputer ditentukan oleh kemampuan prosesssornya, semakin tinggi jenis prosesor yang digunakan,maka semakin tinggi pulalah kinerja dari komputer tersebut . Penggolongan computer berdasarkan criteria lain masih dimungkinkan , misalnya berdasarkan ukuran fisik, system operasi dan jenis data yang diolah.

Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Berdasarkan prosesornya , komputer digolongkan kedalam 3 bagian yaitu mainframe, minicomputer dan Personal Computer (PC). Penggolongan ini dalam beberapa tahun mendatang akan semakin kabur dan mungkin akan hilang, karena komputer mainframe dan mini mengalami perkembangan yang lambat, sementara komputer PC berkembang terus dengan pesatnya.

a. Mainframe adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar, karena ditujukan untuk banyak pemakai. Mainframe menyediakan sedikit waktu dan sebagian memorinya untuk setiap pemakai (user), kemudian berpindah lagi kepada pemakai lain lalu kembali ke pemakai yang pertama. Perpindahan ini tidak dirasakan oeh pemakai, seolah-olah tidak ada apa-apa. Mainframe disediakan untuk banyak pemakai (multi user) dan setiap pemakai dapat menggunakan program yang berbeda pada saat yang sama (multitasking). Komputer mainframe mempunyai CPU yang berbeda pada satu mesin sendiri, mempunyai perangkat penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Komputer jenis ini biasa digunakan pada perusahaan yang berskala besar , seperti kantor pusat penerbangan nasional. Komputer mainframe sekarang kalah saing dengan komputer PC dengan teknologi internet.

b. Minicomputer
adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Kalau mainframe dapat memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan munkin hanya ratusan . Komputer mini ditujukan untuk perusahaan yang tidak begitu besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Komputer mini cocok untuk perguruan tinggiyang memiliki satu atau dua fakultas, pabrik yang produknya hanya untuk memenuhi kebutuhan daerah setempat. Komputer mini ini sekarang jarang dipakai, karena lebih fleksibel menggunakan komputer PC dengan teknologi Local Area Network (LAN).

c. Personal Computer (PC)
atau komputer pribadi adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakai program aplikasi pada suatu saat. Oleh karenanya, perangkatnya dapat diringkas kedalam satu mesin saja. Komputer ini memiliki monitor keyboard dan CPU. Namun didalam CPU ini sebenarnya tidakhanya terdapat prosesor saja, tetapi juga ada perangkat penyimpanan dan mungkin saja dipasangi perangkat tambahan (peripheral). Komputer jenis inilah yang paling banyak digunakan, baik itu dirumah, kantor, lembaga kursus, sekolah dll. Dengan menambahkan berbagai perangkat tambahan, komputer PC dapat menandingi komputer mainframe dan mini, seperti telah dijelaskan diatas.

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik
Perlu diketahui bahwa komputer dibedakan kemampuanya berdasarkan ukuran fisiknya. Bukan berarti bahwa komputer yang kecil bentuknya kecil pula kemampuannya.

a. Tower (menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukuran yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

b. Dekstop (meja) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari tower tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murahbila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang kita pakai sekarang ini adalah jenis dekstop.

c. Portable (mudah dibawa-bawa)adalah komputer yang ukurannyasedikit lebih kecil dari dekstop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur.Komputer ini kurang populer lebih besar dan berat.

d. Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai pelajar dan mahasiswa Amerika) saja. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8,5x11 inchi, tebalnya berkisar 1 sampai 1,5 inchi dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.

e. Subnotebook adalah komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian pernagkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.

f. Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yangsangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini tidak memerlukan aliran listril, melainkan baterai kecil ukuran AA. Kelemahan dari komputerini adalah layarnya yang terlalu kecil dari ukuran standart, sehingga menyulitkan pemakai.

Komputer Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah
Berdasarkan pada data yang diolahnya, komputer dapat dibagi atas tiga bagian, yaitu:
a. Komputer Analog digunakan untuk mengolah data kualititatif, bekerja secara kontinu dan paralel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya kompter yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik dll.

b. Komputer Digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf &angka, karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll.

c. Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya Facsimile.

Sejarah Komputer

Perkembangan teknologi komputer, dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Sebelum tahun 1940.
b. Setelah tahun 1940.

Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusiadalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasillebihcepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjangdaripenemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanikmaupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupandan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah system computer dikassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilandan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data darisejakjamanpurba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
1. Abacus.
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.

2. Kalkulator roda numerik
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

4. Kalkulator Mekanik.
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantumembangunerakomputasi mekanikal.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesinmekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkalitanpakesalahan;sedang matematika membutuhkan repetisi sederhanadarisuatulangkah-langkahtertenu.Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai
alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisirencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikanspesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahamanAugustayangbaiktentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan
juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuhtahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi,Birotersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesintersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole(1815-1864)berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salahke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus,AtanasoffdanBerrymembuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, olehkarenaitu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhankomputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkangangguanelektrikdi kawasan sekitarnya.
Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.

b. EDVAC Computer.
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

c. EDSAC COMPUTER
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

d. UNIVAC 1 Computer.
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan.

2. Komputer generasi kedua ( 1959 ± 1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar.Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasikeuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.Dengan konsep ini,komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-OrientedLanguage(COBOL)dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yangrumitdengankata-kata,kalimat,danformula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli system komputer). Industri pirant ilunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3. Komputer generasi ketiga ( 1964 ± awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, computer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalamchip. Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operatingsystem) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - ??? )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapatmemuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya hargadanukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensidanketerandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawakemajuanpadaICdengan meletakkan seluruh komponen dari sebuahkomputer(centralprocessingunit,memori, dan kendali input/output) dalam sebuahchipyangsangatkecil.Sebelumnya,IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugastertentuyangspesifik.Sekarang,sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh

kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-anperakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling popular pada saat itu adalah program word procesing dan spreadsheet. Pada awal1980-an,videogame seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada computer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluhtahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktopcomputer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan kompute ryang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada

komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, pirantilunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan computer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN),atau kabel telepon,jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.