Jumat, 02 Juli 2010

Klasifikasi Software

Software (perangkat lunak) adalah program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terbagi atas 4 yaitu:
1.Sistem Operasi adalah fasilitator antara software dan hardware yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Contohnya: DOS, Unix, Windows, dll.

2.Utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan /kelemahan dari sistem operasi dalam meningkatkan kinerja software dan hardware. Contohnya :Partisi magic, Norton Utility, Antivirus.

3.Aplikasi merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu atau program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Contohnya : Ms-Word, Ms-Excel, SPSS, Multisim workbench, Photoshop, Coreldraw, dll.

4.Bahasa Pemograman merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu system operasi, aplikasi, dll.

Bahasa pemograman ini biasa dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:
1.Low Level Language, bahasa pemograman generasi pertama, bahasa pemograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunkan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanya pembuatnya saja.

2.Midle Level language, merupakan bahasa pemograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE)dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, FoerTran (Formula Translator)

3.High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar