Kamis, 01 Juli 2010

Penggolongan Komputer

Beberapa tahun lalu, penggolongan komputer dilakukan atas dasar besarnya RAM yang ada tiap komputer. Waktu, komputer yang memiliki memori atau RAM lebih dari 1 MB disebut Komputer Mini. Penggolongan seperti ini sekarang sudah tidak tepat lagi, karena saku pun sekarang sudah banyak yang memiliki RAM lebih dari 1MB. (1MB=1,024KB).
Penggolongan jenis-jenis komputer yang lebih tepat adalah berdasarkan jenis yang lebih tepat adalah berdasarkan prosesssor yang ada pada computer, karena kemampuan kerja komputer ditentukan oleh kemampuan prosesssornya, semakin tinggi jenis prosesor yang digunakan,maka semakin tinggi pulalah kinerja dari komputer tersebut . Penggolongan computer berdasarkan criteria lain masih dimungkinkan , misalnya berdasarkan ukuran fisik, system operasi dan jenis data yang diolah.

Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Berdasarkan prosesornya , komputer digolongkan kedalam 3 bagian yaitu mainframe, minicomputer dan Personal Computer (PC). Penggolongan ini dalam beberapa tahun mendatang akan semakin kabur dan mungkin akan hilang, karena komputer mainframe dan mini mengalami perkembangan yang lambat, sementara komputer PC berkembang terus dengan pesatnya.

a. Mainframe adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar, karena ditujukan untuk banyak pemakai. Mainframe menyediakan sedikit waktu dan sebagian memorinya untuk setiap pemakai (user), kemudian berpindah lagi kepada pemakai lain lalu kembali ke pemakai yang pertama. Perpindahan ini tidak dirasakan oeh pemakai, seolah-olah tidak ada apa-apa. Mainframe disediakan untuk banyak pemakai (multi user) dan setiap pemakai dapat menggunakan program yang berbeda pada saat yang sama (multitasking). Komputer mainframe mempunyai CPU yang berbeda pada satu mesin sendiri, mempunyai perangkat penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Komputer jenis ini biasa digunakan pada perusahaan yang berskala besar , seperti kantor pusat penerbangan nasional. Komputer mainframe sekarang kalah saing dengan komputer PC dengan teknologi internet.

b. Minicomputer
adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Kalau mainframe dapat memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan munkin hanya ratusan . Komputer mini ditujukan untuk perusahaan yang tidak begitu besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Komputer mini cocok untuk perguruan tinggiyang memiliki satu atau dua fakultas, pabrik yang produknya hanya untuk memenuhi kebutuhan daerah setempat. Komputer mini ini sekarang jarang dipakai, karena lebih fleksibel menggunakan komputer PC dengan teknologi Local Area Network (LAN).

c. Personal Computer (PC)
atau komputer pribadi adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakai program aplikasi pada suatu saat. Oleh karenanya, perangkatnya dapat diringkas kedalam satu mesin saja. Komputer ini memiliki monitor keyboard dan CPU. Namun didalam CPU ini sebenarnya tidakhanya terdapat prosesor saja, tetapi juga ada perangkat penyimpanan dan mungkin saja dipasangi perangkat tambahan (peripheral). Komputer jenis inilah yang paling banyak digunakan, baik itu dirumah, kantor, lembaga kursus, sekolah dll. Dengan menambahkan berbagai perangkat tambahan, komputer PC dapat menandingi komputer mainframe dan mini, seperti telah dijelaskan diatas.

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik
Perlu diketahui bahwa komputer dibedakan kemampuanya berdasarkan ukuran fisiknya. Bukan berarti bahwa komputer yang kecil bentuknya kecil pula kemampuannya.

a. Tower (menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukuran yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

b. Dekstop (meja) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari tower tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murahbila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang kita pakai sekarang ini adalah jenis dekstop.

c. Portable (mudah dibawa-bawa)adalah komputer yang ukurannyasedikit lebih kecil dari dekstop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur.Komputer ini kurang populer lebih besar dan berat.

d. Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai pelajar dan mahasiswa Amerika) saja. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8,5x11 inchi, tebalnya berkisar 1 sampai 1,5 inchi dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.

e. Subnotebook adalah komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian pernagkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.

f. Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yangsangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini tidak memerlukan aliran listril, melainkan baterai kecil ukuran AA. Kelemahan dari komputerini adalah layarnya yang terlalu kecil dari ukuran standart, sehingga menyulitkan pemakai.

Komputer Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah
Berdasarkan pada data yang diolahnya, komputer dapat dibagi atas tiga bagian, yaitu:
a. Komputer Analog digunakan untuk mengolah data kualititatif, bekerja secara kontinu dan paralel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya kompter yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik dll.

b. Komputer Digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf &angka, karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll.

c. Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya Facsimile.

1 komentar:

  1. dilihat di beberpa sumber..
    klasifikasi komputer berdasarkan processor ko beda2 y,,

    BalasHapus